APA ITU iCLOUD?

Apa itu iCloud ? Semua pengguna iOS pasti tahu apa itu iCloud . iCloud merupakan sebuah sistem dimana perangkat iOS bisa lepas dari kabel dan tidak membutuhkan lagi iTunes untuk proses sinkronisasi. iCloud merupakan lanjutan dari MobileMe yang sudah tidak lagi dikembangkan oleh Apple.




Lalu fitur apa saja yang terdapat di iCloud? Mari kita bahas fitur-fitur yang terdapat di iCloud.

1. Musik di awan

Yang ini khusus akun iTunes yang mempunyai toko musik. Musik di awan bukan berarti streaming. Dengan iCloud Anda bisa mengunduh lagu langsung yang sudah dibeli memakai iTunes langsung di iPhone/iPad tanpa harus browsing iTunes Music Store. Lagu-lagu yang dibeli dari suatu perangkat akan tersedia di perangkat lainnya.
Kebanyakan lagu saya di iTunes merupakan lagu-lagu yang berasal dari CD-Audio yang mempunyai bitrate lebih rendah daripada lagu-lagu yang tersedia di iTunes. Nanti, saya bisa menaikan bitrate lagunya dengan memakai iTunes dan juga menyimpannya di iCloud dengan berlangganan iTunes Match sebesar $25/tahun.

2. Tidak perlu pusing sinkronisasi photo

Dengan iCloud, foto yang Anda ambil menggunakan iPhone bisa langsung tersinkronisasi ke perangkat lain yang terotorisasi dengan fitur Photo Stream. Simpel!
Namun, semua foto yang tersimpan di Photo Stream akan dihapus setelah 30 hari. Oleh karena itu, segera unduh foto yang diinginkan ke iPhoto atau folder My Pictures di PC.

3. Dokumen di awan

Ketika di luar Anda menulis menggunakan iPad memakai Pages. Kemudian menyimpannya, ketika sampai di rumah, dokumen tadi sudah tersedia di Mac. Tidak perlu lagi colok iTunes dan sinkronisasi dokumen.
Saat ini iWork seperti Pages, Keynote dan Numbers mendukung iCloud. Aplikasinya lainnya pasti akan mendukung iCloud untuk kemudahan para penggunanya.

4. Sinkronisasi iBooks

Selain sinkronisasi library iBooks, iCloud juga akan menyimpan bookmark. Anda bisa melanjutkan membaca buku di iPhone dari posisi bookmark yang ada di iPad. Selain itu semuah notasi iBooks juga akan tersinkronisasi.

5. Find My Friends

Nanti ketika memakai iOS 5 kita bisa berbagi lokasi kita sendiri dengan teman-teman. Misalnya Anda janjian ketemuan di suatu tempat yang tidak begitu Anda kenal, Anda bisa menggunakan aplikasi Find My Friend untuk mencari dimana posisi teman-teman Anda yang dipakai sebagai panduan mencari jalan. Find My Friends ini bisa mengetahui seberapa jauh teman Anda dari lokasi Anda dan melihatnya posisi mereka di peta. Cocok utuk pacar yang posesif atau orang tua yang protektif.

6. Find My iPhone

Find My iPhone telah penyelamat bagi yang kehilangan atau kerampokan iPhone. Banyak cerita sukses mengenai kembalinya iPhone yang hilang. Fitur Find My iPhone yang sudah lama ada juga di lanjutkan di iCloud. Tidak ada perubahan yang mendasar dari Find My iPhone. Bedanya Anda untuk melihat lokasi iPhone/iPad Anda harus masuk ke iCloud.com bukan lagi ke Me.com.
Find My Friend

Lalu bagaimana cara menggunakan iCloud ?
Untuk memakai iCloud harus mempunyai akun iTunes. Di iOS 5, iCloud langsung terintegrasikan. Untuk OS X Lion, iCloud akan menggantikan MobileMe di System Preferences.
Saat ini Anda bisa memakai iCloud, sinkronisasi musik, video, buku dan aplikasi. Di iOS masuk keSettings > Store. Pilihlah Automatic Downloads yang Anda inginkan. Setelah itu buka preference iTunes dan masuk ke Store. Aktifkan juga Automatic Downloads.
Ketika iOS 5 diluncurkan, kami akan menuliskan tutorial bagaimana menggunakan iCloud dengan lebih detil.

Demikian artikel tentang iCloud dan fitur-fitur yang dimiliki oleh iCloud
Artikel ini bersumber dari  : sumber

Terima Kasih



Tag : iOS

0 Response to "APA ITU iCLOUD?"

Post a Comment